Perpisahan bagi yang beruntung.

Ada pertemuan, juga ada perpisahan. Standar ya. Dimana-mana juga gitu. Nggak ada perubahan yang berarti dari jaman presiden Soeharto sampe sekarang udah ganti berapa kali.

Sekarang, saya sedang berada di sebuah TKP pertemuan dan perpisahan di Jakarta. Bandara Soekarno Hatta. Biasa sih ya, pertemuan dan perpisahan terjadi di sini.

Satu-satu nya hal melegakan dari sebuah perpisahan adalah adanya harapan untuk kemudian dapat bertemu lagi. Saya memperhatikan beberapa tatapan mata gelisah, entah pengantar maupun yang diantar. Kegelisahan untuk melepaskan dan menjalani hari entah berapa lama tanpa keberadaan satu sama lain. Beruntunglah, karena kita yang berada di sini sudah diberi keistimewaan untuk mempersiapkan sebuah perpisahan.

Beruntunglah, kita masih dapat memberikan lambaian tangan bagi mereka yang pergi maupun yang ditinggalkan. Beruntunglah kita masih diberi kesempatan untuk memberikan pelukan sebelum akhirnya terselamatkan harapan untuk dapat bertemu lagi. Nanti.

Gamang rasanya untuk membayangkan sebuah perpisahan yang terpaksa terjadi tanpa aba-aba. Sebuah peristiwa, keberadaan seseorang, mau tidak mau akan menjadi sebuah kenangan nantinya.

Hal terbaik yang mungkin bisa saya lakukan adalah selalu menganggap sebuah perpisahan tidak akan berujung dengan pertemuan. Dengan begitu saya bisa menghargai tiap momentum yang terjadi. Bahkan saya selalu mencoba mengabadikan tiap rangkaian peristiwa sampai suatu perpisahan harus terjadi. Memori manusia terbatas. Sangat disayangkan apabila momentum yang berharga akhirnya berakhir jadi kenangan yang terlupakan.

Sebelum saya meracau lebih jauh lagi, intinya adalah……tidak semua orang beruntung dapat memutuskan kapan suatu perisahan dan pertemuan akan terjadi. Hargai dan nikmati setiap peristiwa, setiap kejadian, dengan sesiapapun. Kita tidak akan tahu kapan sebuah peristiwa akan tergelincir jadi kenangan. Kenangan perpisahan.

Jakarta, 5 April 2013.
Kepada yang pergi, semoga untuk kembali.

4 Komentar

Filed under Uncategorized

4 responses to “Perpisahan bagi yang beruntung.

  1. “Nikmati setiap peristiwa, setiap kejadian, dengan sesiapapun”.. wah sepakat banget sama kalimat ini.. dengan gitu kita bakal ikhlas dan lapang dada disetiap peristiwa..

    *678

  2. Ada Perpisahan nanti ada pertemuan

  3. as fare as well, farewell…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s